Selasa, 12 Oktober 2021

Menjadikan Menulis Sebagai Passion

Judul : Pelatihan Belajar Menulis PGRI
Resume : 1
Gelombang : 21
Tanggal : 4 Oktober 2021 
Tema : Menjadikan Menulis Sebagai Passion
Nara sumber : Dra. Sri Sugiastuti


Malam ini angin bertiup sepoi buat rasa kantuk dan mata rasanya berat untuk terbuka walau secangkir kopi buatan istriku mulai sampai di akhir batas gelasnya. Mendengar cerita istri bahwa akan mengikuti pembelajaran menulis dibawah asuhan Om Jay menurut ceritanya beliau penulis hebat, seorang blogger terkenal dan banyak karya-karya nya yang sudah berada di genggaman masyarakat di Indonesia.

Takjub mendengar cerita itu, ku coba ikuti grup yang di bagikan istri ke dalam chat wa yang biasa untuk kami berkomunikasi saat berjauhan. Mulai ku ikuti materi malam ini yang disampaikan Ibu Sri Sugiastuti yang dikenal dengan Bu Kanjeng. Dengan moderator Ibu Maesaroh yang baru saja aku mengenalnya. Bersamaan waktu belajar melalui WA, coba ku ikuti dan mendengarkan materi yang disampaikan  Bu Kanjeng.

Menurut Bu Kanjeng "Menulis itu menjadi passion yang menjanjikan supaya bapak ibu guru hebat dapat menjadi seorang penulis akan naik kelas dan mendapat penghargaan serta memiliki kemantangan akan dihormati dan dianggap memiliki intelektual yang lebih dari yang lain". Saya langsung berpikir, bagaimana bisa menjadi seorang yang memiliki passion menulis seperti beliau.

Bahasan materi yang ditampilkan oleh moderator yaitu Bu Mae adalah


Setelah membaca materi ini saya merasa alangkah hebat apabila saya bisa menulis, karena pengalaman saya menulis itu sangat lah sulit apalagi dalam merangkai kata. Ternyata menurut Bu Kanjeng dari segi sosial bahwa orang yang memiliki kemampuan menulis yang baik akan dipandang sebagai seseorang yang memiliki intelektual dan kematangan berpikir dan profesi penulis adalah salah satu pekerjaan yang mulia karena memberikan manfaat bagi orang banyak.

Memang benar menurut Bu Kanjeng bahwa keengganan saya untuk menulis karena beberapa kendala seperti yang beliau sampaikan. Merasa tidak berbakat, tidak ada waktu, susah menemukan ide, saya memang tipe orang yang agak sedikit sulit apabila ada yang mengkritik, selalu beranggapan tidak suka menulis. Materi yang disampaikan ini menjawab kegelisahan saya secara langsung, apabila semua dijadikan alasan mau sampai kapan saya akan memulai menulis. Saya berusaha menjawab sendiri pertanyaan yang ada di dalam pikiran ini. 

Mulai saya membaca lagi materi dari Bu Kanjeng bahwa langkah-langkah menjadi penulis yang baik adalah harus rajin membaca buku ataupun sumber informasi yang lain sebagai acuan untuk menambah wawasan dalam menulis. Sering berdiskusi dengan sesama teman atau  narasumber sehingga menambah pengetahuan mengenai kemampuan menulis. Kita juga harus sering mengunjungi blog kawan-kawan yang lain sehingga dapat menjadi masukan bagi kita dalam menulis. Dari segi sosial kita juga harus banyak berkomunikasi dengan lawan sehingga kita dapat berbagi mengenai materi yang akan kita jadikan topik dalam menulis.

Adapun yang menjadi Writing Preparation dalam menulis adalah :
1. Menggali dan menemukan gagasan / ide
2. Menentukan tujuan, genre, dan segmen pembaca
3. Menentukan topik
4. Membuat Outline
5. Mengumpulkan bahan materi/buku
Begitu lengkap materi yang disampaikan oleh Bu Kanjeng, sehingga dapat membangkitkan keinginan saya untuk menjadikan menulis sebagai passion. 

Berlanjut semakin malam semakin larut dalam materi yang disampaikan oleh Bu Kanjeng begitu banyak pertanyaan yang disampaikan oleh peserta dan semua pertanyaan dijawab dengan lugas dan jelas oleh beliau. Pada akhir materi yang disampaikan beliau bahwa dalam menulis kita harus sabar sehingga apa yang kita hasilkan dapat menjadi karya terbaik dan dapat dinikmati serta memberi manfaat bagi orang banyak.


1 komentar: